MANFAAT MEMBACA BUKU

SEORANG PRIA SEDANG MEMBACA DAN MEMAHAMI SEBUAH CERITA.
SEORANG PRIA SEDANG MEMBACA DAN MEMAHAMI SEBUAH CERITA.

Selamat sore! Saya kembali lagi untuk memposting! Nah, kali ini saya akan membahas Manfaat Membaca Buku! Pasti kamu bingung kenapa artikel atau postingan ini dimasukkan ke kategori #BERITAHANGAT. Sebelumnya, tolong klik submenu Kamus Penulis. Nah, di sana ada penjelasannya.

Mari balik ke topik. Apa yang terbenak di pikiran kamu jika membaca buku?

1. Menyenangkan, terharu saat membaca isinya, dan tipis atau tebal banget; Ini adalah si pembaca yang sangat suka baca buku.

2. Bosan, tebal bingit, banyak hurufnya daripada gambar, nggak suka; Ini yang hobi baca komik daripada novel, artikel tanpa gambar, cerpen, dan sejenisnya.

  • Pembaca itu ada empat menurut saya, yaitu:

1. Pembaca yang suka buku tipis, tapi berisi banyak kalimat tanpa gambar.

2. Pembaca yang suka buku tebal-tebal, tapi berisi banyak kalimat tanpa gambar.

3. Pembaca yang suka buku tipis, tapi berisi kalimat beserta gambar.

4. Pembaca yang suka buku tebal-tebal, tapi berisi kalimat beserta gambar, dan ini jarang ditemui.

Lantas saja terjenak di pikiran kamu apa saja sih manfaat membaca buku? Sebelum saya jabarkan, saya memohon sekali kepada penduduk di seluruh Indonesia untuk sering membaca buku sehingga pengetahuan kalian seluas jagad raya walaupun dalam perkembangan. Bacaan itu bisa berupa novel, kumcer, cerpen, artikel di blog atau website, majalah, koran, dan sejenisnya.

  • Setelah memahami dan merenungkan kalimat bercetak tebal dan miring tersebut, mari kita lihat manfaat membaca buku:

1. Kamu akan mendapatkan pengetahuan luar biasa!

Nggak percaya? Baca banyak buku, kamu akan dapat informasi yang selama ini kamu tidak tahu! Tetap nggak percaya? Kamu egois namanya!

Ada pepatah mengatakan: “Kamu akan mengetahui kekurangan yang tersimpan dalam dirimu saat kamu tidak membaca sebuah buku untuk membuka wawasan, ataupun mengembangkan sesuatu.”

2. Membantu kamu untuk menulis sebuah cerita!

Bagi penulis, ini sangat penting dan berada di nomor satu. Jika kamu tak pernah membaca, maka tulisan kamu kayak sampah! Basi! Nggak enak dibaca dan dipandang! Makanya banyak baca buku, ya. Apalagi kalau ada tugas buat cerpen, skripsi, atau artikel di sekolah maupun universitas, dan kamu diketawain guru atau dosen kalau tulisanmu kalah dari yang lain. Mau?

3. Mengetahui EYD, tanda baca, dan kata baku dalam bahasa Indonesia.

3 HAL YANG PERLU KAMU PERLUKAN KETIKA MENULIS.
3 HAL YANG PERLU KAMU PERLUKAN KETIKA MENULIS.

Poin ketiga ini pasti kalian akan menyadari kalau benar-benar teliti melihat EYD, tanda baca, dan kata baku disertai mengerti isi ceritanya. Ada juga yang tidak akan menyadari ketika membacanya karena terlalu asyik dengan jalan cerita, apalagi yang tidak pernah membaca sebuah buku maka poin ketiga ini akan hanyut dari otak mereka.

Nah, mulai sekarang terapkan ini. Kamu orang Indonesia, tapi tak tahu tanda baca saat berbicara dan membuat artikel atau cerita, tak tahu kata baku dan tahunya bahasa 4LAY dan SMS! Tapi, bagi yang sok tahu pasti egois mulu! Uh! Makanya terapkan membaca buku, ya. Sudah tahu manfaatnya, ‘kan? ^_^

4. Mengisi waktu bosan.

DUA ORANG SEDANG BOSAN SETELAH MENGHABISI SEBUAH MAKANAN, YANG TERLIHAT ADA DUA PLASTIK KARTON DI DEPAN MEREKA.
DUA ORANG SEDANG BOSAN SETELAH MENGHABISI SEBUAH MAKANAN, YANG TERLIHAT ADA DUA PLASTIK KARTON DI DEPAN MEREKA.

Waktu bosan terjadi saat kamu mudik atau pergi jalan-jalan bareng keluarga, yang membuat kamu jenuh terus-menerus karena perjalanan tersebut tidak asyik sekali. Nah, bawa bacaanmu! Terserah mau bacaan di online, ataupun bacaan cetak. Eh, kiranya kamu terbawa dunia bacaan tersebut sehingga dunia nyata tempat kamu tinggal seakan-akan berubah jadi dunia antah-berantah.

5. Dikatakan sebagai orang yang pintar dan sering berimajinasi.

SEORANG PEMBACA
SEORANG PEMBACA.

Point kelima ini benar bingit! Sebelum saya membaca sebuah novel atau buku bacaan asyik lainnya, saya sering mengira orang yang membaca sebuah novel atau sejenisnya adalah oarng yang pintar dan berimajinasi, terutama  novel.

Berimajinasi? Buktikan sendiri kalau kamu sedang membaca! Maka dunia dalam cerita tersebut akan bisa kamu imajinasikan sendiri.

Nah, poin kelima ini juga dicamkan kepada pembaca yang sok-sok baca sebuah novel atau sejenisnya, tapi tidak memahami isinya melainkan supaya orang lain memujinya. Errr, masa kamu ingin dikatakan begitu sementara kamu membohongi orang lain dan dirimu sendiri?

———

Hmmm … sampai di sini saja, ya! Semoga artikel kali ini bermanfaat! Nah, saya juga sudah kantuk, ditambah lagi Chrome macet saat mengetik. Sampai jumpa di artikel atau postingan selanjutnya!

#BERITAHANGAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s