MENULIS NOVEL DENGAN CEPAT

Bagi para penulis, menulis adalah sesuatu yang patut hadir dalam hidupnya. Jika menulis sebuah novel, maka kita butuh kurang lebih 3 bulan untuk menyelesaikannya, namun ada juga yang berbulan-bulan karena tak ada niat untuk menulis, dan ini ciri-ciri penulis pemalas. Ingat: PEMALAS!

Saya sebagai penulis yang ingin menerbitkan karya pertama, akan memberitahu bagaimana menulis novel dengan cepat, walaupun artikel ini sudah beredar di Search Mbah Google. Mari disimak!

1. Tentukan outline atau bagian-bagian atau bab dalam cerita, lalu tulis bab pertama di hari pertama.

2. Jika bab kalian banyak, misalnya 30 bab dalam satu novel, usahakan satu hari menulis dan menuntaskan satu bab sehingga selesai dalam waktu satu bulan.

3. Matikan atau buang seluruh yang mengganggu hal menulis kamu, jadi kamu bisa konsen. Namun, jika orang penting memanggilmu maka turutilah, entar berdosa lho kalau menolak.

4. Jika nomor 2 tidak bisa dilakukan, maka usahakan satu hari mematok maksimal halaman yang kamu tulis sehingga tercapai.

5. Jika libur keesokan harinya, maka usahakan menulis pada malam hari, tapi tidur pada siang sehingga imajinasi kamu terbuka lebar-lebar.

Nah, lima tips saja untuk artikel kali ini. Buktikan saja, ya! Kalau kamu sudah menerapkannya, maka satu novel kamu bisa selesai dalam waktu kurang lebih dua minggu, atau satu bulan saja.

Hmmm … menarik, bukan? Coba, yuk!

————-

#TIPS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s