+ DAN – MENJADI PENULIS

Hmmm … penulis adalah sebuah cita-cita yang saya impikan, begitu juga dengan yang lain. Pekerjaan ini adalah sebuah pekerjaan yang tidak tampak langsung orangnya—kecuali jika sudah tahu—tetapi akan sangat tampak pada keberhasilan karyanya di mata pembaca.

ILUSTRASI
ILUSTRASI

Banyak orang lain mengira bahwa penulis adalah pekerjaan yang bodoh, membosankan, dan tidak bermanfaat. Dan itu salah besar—sangat besar! Kalau tidak percaya, berikut keuntungan (+) dan kekurangan (-) menjadi penulis:

A. Kelebihan (+)

1. Memiliki banyak teman
Penulis akan terkenal dan punya banyak teman melalui karya-karyanya setelah membuka “pintunya”, seperti acara wawancara, editor dan orang-orang dalam penerbit yang menerbitkan karyanya, serta orang-orang di sekitarnya.

2. Menjadi seorang yang kreatif
Penulis dikatakan kreatif karena dirinya mampu menghasilkan sebuah cerita yang luar biasa, walaupun banyak kritik dari pembaca. Ide yang kreatif bahkan bisa membuat pembaca tercengang dengan alur cerita yang dibacanya dari tulisan si penulis, yang ternyata sebuah cerita yang tidak biasa.

3. Menjadi seorang yang genius
   Sama seperti kreatif, namun di sini lebih ditekankan bahwa penulis adalah seseorang yang 1% adalah hasil dari ide pemikirannya sendiri, sedangkan 99% lainnya adalah kerja kerasnya untuk menyelesaikan naskahnya sampai tahap koda. Jika ada penulis atau calon penulis yang tidak merasakan poin ini, berarti di situlah kekurangan pada diri kalian.

4. Menambah puluhan kosa kata serta menambah kapan penggunaan tanda baca dipakai
    Siapa bilang penulis yang menulis sebuah cerita tidak menambah kosa kata atau diksi? Cobalah kalian baca—bagi pembaca atau orang selain penulis, maupun gabungannya—novel luar dan dalam. Bandingkan bahasa yang kalian pakai sehari-hari dengan bahasa di novel tersebut, yang ternyata banyak sekali kosa kata baru, membuat kalian tahu apa arti bahasa ini-itu. Begitu juga dengan hal penggunaan tanda baca—kapan dipakai tanda em dash, seru, tanya, titik koma dua (;), dll.

5. Lebih mudah diterima diberbagai perusahaan
   Nggak percaya? Penulis identik dengan hal tulis-menulis, dan jika ada yang ingin menjadi juru ketik atau pekerjaan yang menonjol dipenulisan, maka jadi penulis adalah usaha awal untuk jadi sukses ke depannya.

6. Menjadi penambah rezeki
   Tuhan pasti selalu peduli terhadap hambanya. Profesi penulis membuat kita menambah banyak rezeki dari apa yang kita lakukan selama ini. Ya, begitulah balasan untuk penulis. J.K Rowling, misalnya.

B. Kekurangan (-) 

ILUSTRASI
ILUSTRASI

1. Waktu banyak terganggu
Ini benar sekali karena waktu penting seperti belajar ini-itu—selain dunia tulis-menulis—akan membuat waktu yang lain hangus begitu saja. Cara mengatasinya, bagilah kapan sebaiknya waktu menulis, atau bisa dicari di salah satu artikel di website ini.

2. Membutuhkan gadget
  Boleh saja sebuah cerita ditulis di sebuah kertas maupun mesin ketik, namun saat ini sudah berkembang teknologi yang maju. Kini, penulis identik dengan laptop, notebook, dan komputer. Jika tak mampu membeli, hal inilah yang menjadi kekurangan penulis. Jika bisa, maka sebaliknya.

3. Waktu membaca novel yang lain tidak akan cepat selesai
   Poin ini melanda saya. Menulis perlu dijalani kurang lebih 3 bulan lamanya, membuat bagian terakhir dari novel yang sedang dibaca akan secara perlahan menghilang. Kok seperti mimpi, ya?

4. Harus siap menerima pujian dan kritik
   Inilah poin yang selalu hadir bagi penulis. Pujian selalu membuat penulis—termasuk saya—bangga dan semangat dalam menulis. Namun, lain halnya dengan kritikan, yang membuat penulis—termasuk saya—terkadang mengkerutkan kening dan perasaan melihat kritik yang pedas.

———

Dari isinya setelah membaca, apa kalian yakin—tetap berpegang teguh atau egois—bahwa penulis adalah pekerjaan yang bodoh, membosankan, dan tidak bermanfaat? Tidak, ‘kan? Ayo menjadi penulis lalu menulis sebuah karya, fiksi ataupun nonfiksi!

#BERITAHANGAT

Satu pemikiran pada “+ DAN – MENJADI PENULIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s