JADWAL SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI TAHUN 2018 [UPDATE!]

A. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018

snmptnSNMPTN adalah jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui mekanisme seleksi jalur rapor SMA/SMK/MA/sederajat dan prestasi-prestasi yang pernah diraih siswa/i tersebut. Sebelum mendaftar, biasanya tiap-tiap sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk menginput seluruh nilai rapor. Belajar dari SNMPTN tahun 2016, seleksi SNMPTN dilakukan 2 (dua) tahap, yaitu:

  1. Seleksi SNMPTN (tahap I): Seleksi berdasarkan pemeringkatan paralel terhadap seluruh siswa masing-masing sekolah oleh panitia pusat SNMPTN. Pemeringkatan ini didasarkan pada urutan nilai mata pelajaran, yaitu matematika; bahasa Indonesia; bahasa Inggris (umum), dilanjutkan kimia; fisika; dan biologi (jurusan IPA), atau sosiologi; ekonomi; dan geografi (jurusan IPS), serta sastra Indonesia, antropologi, dan salah satu Bahasa Asing (jurusan Bahasa), dan kompetensi keahlian (khusus SMK). Pemeringkatan ini diambil sebanyak kuota SNMPTN masing-masing sekolah berdasarkan persentase (%) maksimal yang telah ditentukan panitia pusat SNMPTN 2018.
  2. Seleksi SNMPTN (tahap II): Seleksi ini dilakukan oleh masing-masing universitas pilihan siswa/i yang bersangkutan, di mana sebelumnya panitia pusat memberikan seluruh data bersangkutan pendaftar SNMPTN 2018 ke masing-masing universitas. Tahap ke-2 ini seleksinya lebih ketat dibandingkan tahap I karena persaingannya seluruh Indonesia. Setelah mengurutkan para pendaftar, panitia pusat SNMPTN 2018 akan melakukan konferensi pers pra pengumuman SNMPTN, lalu besok harinya akan dilakukan pengumuman resmi siapa-siapa saja yang lulus seleksi.

Di bawah ini adalah jadwal resmi SNMPTN 2018 yang hanya diikuti oleh siswa/i SMA/SMK/Ma/sederajat yang lulus tahun 2018:

  • Launching website SNMPTN: 12 Januari 2018
  • Pengisian PDSS: 13 Januari – 10 Februari 2018
  • Verifikasi PDSS: 13 Januari – 10 Februari 2018
  • Pendaftaran SNMPTN (oleh siswa): 21 Februari – 6 Maret 2018
  • Pencetakan kartu SNMPTN (ole siswa): 12 Maret – 6 April 2018
  • Proses seleksi SNMPTN: 13 Maret – 7 April 2018
  • Pengumuman hasil seleksi SNMPTN: 17 April 2018
  • Pendaftaran ulang SNMPTN: 8 Mei 2018
  • Website resmi: SNMPTN
  • Panitia pusat: Universitas Sebelas Maret

B. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018

sbmptnSBMPTN adalah salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa/i baru menggunakan mekanisme tes tertulis, tes keterampilan, maupun keduanya. Biasanya pendaftar SBMPTN lebih sedikit dibandingkan SNMPTN, tetapi tiap tahun mengalami peningkatan. Ambil contoh pada tahun 2017 pendaftar SBMPTN mencapai 797.023 peserta. Soal-soal seleksi yang diujikan dalam SBMPTN jauh lebih susah ketimbang soal-soal ujian nasional, tetapi masih “dianggap” lebih mudah dibandingkan soal-soal SIMAK UI. Tahap seleksi dalam SBMPTN dilakukan sebagai berikut.

  1. Seleksi SBMPTN (Tahap I): Setelah ujian SBMPTN dilaksanakan, seluruh lembar ujian dalam bentuk CBT langsung dikirim ke panitia pusat SBMPTN, sedangkan lembar ujian dalam bentuk PBT terlebih dahulu dikirim ke panitia lokal masing-masing daerah pelaksana SBMPTN.
  2. Seleksi SBMPTN (Tahap II): Lembar ujian peserta SBMPTN PBT diperiksa oleh seluruh panitia lokal SBMPTN agar tidak ada lembar ujian peserta yang tidak terdata.
  3. Seleksi SBMPTN (Tahap III): Lembar ujian PBT dikirim ke panitia pusat, lalu dilakukan penilaian secara total termasuk peserta CBT. Penilaian skor SBMPTN bukan didasarkan nilai total mata pelajaran yang diujikan, melainkan masing-masing subtes seperti kimia, fisika, sosiologi, geografi, matematika dasar, TPA, dsb.
  4. Seleksi SBMPTN (Tahap IV): Hasil SBMPTN para peserta PBT & CBT dikirim ke masing-masing universitas yang dipilih peserta ujian, lalu masing-masing universitas melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai nasional SBMPTN dan kuota SBMPTN, terlebih dahulu untuk peserta yang memilih dalam pilihan I. Jika tidak lolos pada pilihan I, nilai nasional SBMPTN peserta diurutkan lagi pada pilihan II, dan seterusnya hingga pilihan III.
  5. Seleksi SBMPTN (Tahap V): Setelah proses seleksi selesai dilakukan, hasil data pemeringkatan SBMPTN dikirim ke panitia pusat dan akan ada konferensi pers mengenai hasil akhir SBMPTN, dan setelah itu dilakukan pengumuman resmi SBMPTN siapa-siapa saja yang lulus tahap seleksi melalui website SBMPTN.

Di bawah ini adalah jadwal resmi SBMPTN 2018 yang diikuti oleh angkatan 2016, 2017, dan 2018:

  • Launching website SBMPTN: 12 Januari 2018
  • Pendaftaran SBMPTN jenis UTBK dan UTBC: 5 April – 27 April 2018
  • Pelaksanaan ujian tulis (UTBK & UTBC): 8 Mei 2018
  • Ujian keterampilan: 9 Mei 2018 dan/atau 11 Mei 2018
  • Pengumuman hasil seleksi SBMPTN: 3 Juli 2018
  • Pendaftaran ulang SBMPTN: disesuaikan masing-masing perguruan tinggi
  • Website resmi: SBMPTN
  • Panitia pusat: Universitas Sebelas Maret

C. Seleksi Perguruan Tinggi Jalur Prestasi

Seleksi jalur prestasi dilakukan oleh masing-masing universitas berdasarkan prestasi yang pernah diraih oleh calon mahasiswa/i yang bersangkutan. Biasanya seleksi ini ada yang memperbolehkan calon mahasiswa/i untuk mendaftar jenjang pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3 dan D4). Jarang sekali universitas memberitahu secara terbuka ke sekolah-sekolah tentang jalur ini, maka dari itu lebih baik terus mengecek papan informasi setiap website universitas yang akan Anda tuju. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Februari atau Maret.

D. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SM) 2018

Seleksi Mandiri adalah seleksi yang dilakukan oleh masing-masing universitas. Ada seleksi mandiri yang penilaian seleksinya berdasarkan hasil SBMPTN (disebut SM-SBMPTN) dan jalur ujian tulis. Ada beberapa universitas yang melakukan seleksi mandiri secara bersama-sama (tidak hanya 1 universitas saja), seperti SMMPTN dan SBMPTBR. Tidak ada yang tahu mekanisme resmi seperti apa penilaian dan seleksi mandiri tiap-tiap universitas. Jadwal seleksi mandiri tiap universitas berbeda, oleh karena itu di bawah ini telah tersedia file jadwal seleksi mandiri (SM) PTN dalam format PDF.

JADWAL SELEKSI MANDIRI PTN 2018

 

*Update terakhir: 29 Januari 2018

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s